Selasa, 19 Oktober 2010

Christian Gonzales Jadi WNI 1 November 2010

Sembilan tahun menetap di Indonesia dan tak pulang ke negaranya Uruguay, selama 6 tahun. Penyerang Persib Bandung Christian Gonzales akhirnya akan berubah status menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dalam waktu dekat lewat jalur naturalisasi.

Kepastian tersebut didapat, setelah hari Senin, 18 Oktober 2010, Gonzalez bertemu dengan Badan Tim Nasional (BTN) PSSI di Jakarta. Dengan demikian, cita-cita Gonzalez menjadi pemain timnas Indonesia akan kesampaian, dan rencananya Gonzalez akan mengikuti seleksi tim nasional yang akan mengikuti turnamen Piala AFF bulan Desember.

“Alhamdulillah, akhirnya saya akan menjadi WNI mulai tanggal 1 November (2010). Ini perjuangan saya sejak tahun 2006 ingin menjadi warga negara Indonesia,” ungkapnya di stadion Siliwangi, Selasa, 19 Oktober 2010.

Keputusan Gozalez menjadi WNI pun, sudah mendapat restu dari kedua orang tuanya di Uruguay, serta istrinya Eva Siregar, seorang perempuan Indonesia, "Selama sembilan tahun saya mencari makan di Indonesia dan punya istri orang Indonesia juga, jadi buat apa saya kembali lagi ke Uruguay. Saya ingin menghabiskan hidup saya di Indonesia dan melatih anak-anak saya agar menjadi pemain bola handal untuk negeri ini," tegas Gonzalez.

“Soal timnas, rasanya saya belum tentu bisa langsung membela Indonesia, karena masih harus mengikuti proses seleksi terlebih dahulu. Karena saya juga harus bersaing dengan 30 pemain lainnya, termasuk pemain naturalisasi lainnya juga."

Namun saat diminta wartawan agar Gonzalez menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Gozalez menjawabnya dengan senyuman lebar. "Nanti saja," sambil bergegas masuk ke dalam ruang ganti pemain.

Badan Tim Nasional PSSI yang dikepalai oleh Iman Arif, akhir-akhir ini memang sangat aktif dalam upaya menaturalisasi para pemain keturunan yang sedang berlaga di kompetisi luar dan dalam negeri. Mereka adalah Jhonny Rudolf Van Beukering (Belanda), Raphael Guilermo Eduardo (Belanda), Christian Gonzales (Uruguay), dan Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman) serta David Ririhena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar