Rabu, 17 November 2010

Menpora: Prestasi Atlet Indonesia Ketinggalan Jauh

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menyatakan prestasi atlet Indonesia ketinggalan jauh dari atlet Asia Timur. Namun, tambah Andi, ini terjadi juga pada negara di Asia Barat, Selatan, serta Asia Tenggara. "Kita ketinggalan jauh dari prestasi atlet Asia Timur," kata Menpora saat ditanya soal kesulitan Indonesia meraih medali emas di Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, Cina, Rabu(17/11).

Andi mengatakan, Cina, Jepang, serta Korea yang kini menempati tiga besar klasemen sementara perolehan medali masih sulit untuk diimbangi. Peserta dari Asia Barat, Selatan, Tenggara termasuk juga pecahan Uni Soviet juga tak bisa mengimbangi," ucap Menpora. Kondisi serupa juga terjadi saat bertanding di Olimpiade. Dimana Cina dan Korea yang masuk persaingan.

Hasil Asian Games 2010, ujar Menpora, akan menjadi salah satu bahan evaluasi bagi Indonesia untuk menyiapkan serta memaksimalkan strategi pembinaan atlet di masa mendatang. Ia optimistis melalui rintisan pembinaan Prima serta Pratama yang digulirkan di Tanah Air, bisa memberikan perubahan ke depan. Salah satunya menekankan pembinaan terhadap cabang tertentu secara fokus untuk Olimpiade.

Terkait kemungkinan stagnasi, bahkan degradasi prestasi olahraga Indonesia, Menpora secara tegas membantahnya. "Nggak sama sekali terjadi degradasi prestasi, yang terjadi kebangkitan, namun dinamikanya masih dibawah permukaan," ujar Andi. "Ke depan dengan strategi pembinaan yang telah kita siapkan, optimistis bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar